Aplikasi Instagram Terbaru Menantang TIK TOK

Aplikasi Instagram Terbaru Menantang TIK TOK

Aplikasi Instagram Terbaru Menantang TIK TOK – Instagram merilis fitur baru video pendek yang menyerupai aplikasi milik China, TikTok. Fitur Instagram pesaing baru TikTok ini dinamai Reels.

Reels memungkinkan pengguna membuat video pendek yang digabungkan dengan musik pilihan dan kemudian dapat dibagikan kepada teman, atau pengikut. Video Reels dapat terekam hingga 15 detik serta ada pilihan menambahkan filter dan efek.

Reels menawarkan berbagai fitur pengeditan, efek, kontrol kecepatan untuk mempercepat atau memperlambat audio dan video, dan kemampuan untuk menyelaraskan banyak klip untuk transisi yang lebih bersih. Baca https://tiarway.com untuk informasi seputar teknologi lainnya.

Ketenaran aplikasi video singkat TikTok memang sudah mendunia. TikTok seakan menjadi media sosial baru yang wajib dimiliki semua kalangan yang ingin eksis di dunia maya. Bukan hanya remaja, aplikasi video singkat ini juga mulai dimanfaatkan banyak kalangan untuk mendulang ketenaran atau meningkatkan promosi.

Tapi kesuksesan ini bakal diuji dengan munculnya aplikasi serupa keluaran Instagram. Aplikasi video singkat pendatang baru ini bernama Reels dan akan memiliki fitur-fitur yang mendukung pembuatan video singkat seperti yang TikTok lakukan.

Mulai dari countdown timer hingga fitur untuk mengatur kecepatan video semuanya tersedia dalam aplikasi baru ini.

Dilansir dari TechCrunch, juru bicara pihak Instagram berkata bahwa aplikasi ini akan diluncurkan di awal Agustus mendatang. Sebelumnya Reels sudah diujicobakan di India, setelah negara tersebut melakukan boikot TikTok dan aplikasi buatan China lainnya. Reels juga sudah dicoba di beberapa negara lain seperti Brazil, Perancis, dan Jerman

Juru bicara pihak Facebook juga membenarkan kabar akan dirilisnya aplikasi baru ini. “Kami tidak sabar untuk mengenalkan Reels di lebih banyak negara, termasuk Amerika Serikat, di awal Agustus,” katanya dilansir dari TechCrunch.

“Masyarakat di beberapa negara yang menjadi tempat uji coba menunjukkan kreativitas yang bagus dalam bentuk video singkat. Kami juga menerima antusiasme dari para kreator yang berasal dari berbagai negara lain dan mereka juga ingin mencobanya,” tambah juru bicara tersebut.

Tidak hanya India, negara Paman Sam juga berencana akan melarang penggunaan aplikasi TikTok. Bisa jadi Reels memang diperuntukkan untuk menggantikan aplikasi tersebut. Apalagi larangan terhadap TikTok ini membuat aplikasi serupa seperti Byte, Triller, Dubsmash, dan Likee memiliki pengguna yang lebih banyak.

Cara Menggunakan Reels

Pada dasarnya Reels sangat mirip dengan Tiktok, hanya ini dibangun di dalam platform Instagram. Berikut cara menggunakan fitur reels.

Untuk membuat reel, buka kamera Instagram seperti Anda akan menggunakan Stories. Kemudian pilih Reels. Pada fitur itu bakal terlihat alat pengeditan bertumpuk di sisi kiri layar. Gunakan tombol rekam untuk membuat video.

Nanti akan terlihat sudah sejauh mana ’15 detik’ Anda terpakai. Jika sudah ketuk panah di bagian bawah saat video Reels Anda siap tayang.

Dari sana, Anda akan diminta dahulu memilih opsi untuk menulis teks, memilih gambar sampul, menambahkan hashtag, dan membagikan video Anda ke Reels (jika akun bukan privasi). Reels kemudian akan muncul dan disimpan pada tab halaman profil, mirip IGTV.

Belum ada tanggal pasti kapan Reels akan dirilis di Amerika Serikat. Melihat besarnya minat masyarakat Indonesia pada aplikasi video singkat, diperkirakan tidak akan berbeda jauh dari waktu rilis negara tersebut, kita juga akan merasakan aplikasi baru ini.

Anda juga dapat mengirim reels sebagai DM atau mempostingnya ke Stories, namun akan hilang setelah 24 jam.

Sedangkan untuk menonton video pengguna lain, ketuk ikon pencarian dan menelusuri video. Dari sana, Anda dapat mengikuti pengguna dan menyukai, berbagi, dan mengomentari reels secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *