Doa Sebelum Memulai Belajar

Doa Sebelum Memulai Belajar

Doa Sebelum Memulai Belajar – Belajar merupakan proses menambah ilmu ataupu keterampilan. Dari sebelumnya kita tidak bisa menjadi bisa. Dan dari sebelumnya kita tidak tau menjadi tau.

Dalam belajar pun orang memiliki berbagai macam tipe. Ada yang mudah paham, ada pula yang sangat susah paham.

Mau bagaimanapun tipenya. Tetap saja kita harus berdoa dulu sebelum belajar. Karena kita khususnya dalam islam juga sudah diajarkan untuk selalu berdoa sebelum melakukan aktifitas apapun.

Belajar ialah salah satu kewajiban yang wajib dilakukan oleh tiap orang muslim. Selama kita masih hidup dan memiliki umur. Selama itulah belajar menjadi sebuah kewajiban.

Sebab dengan belajar, dari yang tidak ketahui jadi ketahui, dari yang tidak mengerti jadi mengerti serta dari yang tidak dapat jadi dapat.

Belajar ini telah jadi perintah Allah buat hamba- Nya, sebab Allah hendak meninggikan derajat orang- orang yang beriman serta berilmu.

Firman Allah dalam surat AL Mujaadilah ayat 11 Bebunyi :

یَرۡفَعِ اللّٰہُ الَّذِیۡنَ اٰمَنُوۡا مِنۡکُمۡ ۙ وَ الَّذِیۡنَ اُوۡتُوا الۡعِلۡمَ دَرَجٰتٍ ؕ وَ اللّٰہُ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ خَبِیۡرٌ

Yang artinya :

Niscaya Allah akan mengangkat atau meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti tentang apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujaadilah ayat 11).

Sesuai dengan kalimat sebelumnya. Bahwa belajar merupakan kewajiban selama kita hidup dan berada di muka bumi ini. Karena allah SWT akan meninggikan derajat orang yang berilmu.

Dan juga, Bagi umat muslim. Menuntut ilmu tidak ada batasan waktu, serta batasan umur. Mulai dari anak-anak hingga menjadi orang tua sekalipun.

Sabda Rosulullah :

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Yang artinya:

Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Salah satu pahala yang sangat penting kita kerjakan adalah pahala jariyah. Dan juga, Ilmu yang bermanfaat bagi orang banyak juga dapat menjadi pahala jariyah.

Yang mana pahala tersebut selalu mengalir selama ilmu kita terpakai oleh orang lain, meskipun kita sudah tidak ada lagi di bumi ini.

Ilmu yang berguna jadi salah satu amalan yang tidak sempat putus pahalanya walaupun telah wafat. Buat itu ilmu merupakan suatu yang sangat berarti yang dapat membantu kamu di dunia serta di akherat.

Ilmu yang diartikan di mari merupakan ilmu yang berguna, yang membawakan seorang memahami agama serta Rabbnya. Ilmu yang mengarahkan tentang mana yang haq serta batil serta mana yang halal serta haram.

Jadi belajarlah serta carilah ilmu sepanjang masih hidup serta manfaatkanlah buat hal- hal yang baik dan ajarkanlah kepada orang lain supaya senantiasa bermanfaat.

Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Yang Artinya:

“Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Yang Artinya :

“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh”.

Demikian informasi seputar Doa Sebelum Memulai Belajar, bagi rekan – rekan yang ingin membeli berbagai macam buku Islami bisa ke Wisata Buku yang bisa kalian akses melalui halaman https://wisatabuku.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *